9 Tips Sederhana Mencegah Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis penyakit kepala yang sering menyerang manusia. Ciri-ciri penyakit migrain adalah rasa nyeri yang luar biasa pada salah satu bagian kepala anda. Penyakit migrain ini akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan. Oleh karena itu, anda harus mendapatkan informasi yang tepat mengenai tips mencegah migrain supaya anda terhindar dari penyakit ini. Walau bagaimanapun, mencegah akan terasa lebih baik daripada mengobati.


Beberapa faktor yang menyebabkan migrain salah satunya adalah :

1. Faktor makanan dan minuman. 
Makanan dan minuman yang telah diasinkan, diasamkan, atau difermentasikan akan membuat anda rentan terkena migrain. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak terlalu sering memakan makanan tersebut. Contoh makanan yang telah diasinkan, diasamkan, dan difermentasikan adalah keju, kismis, dan lain sebagainya. 

2. Faktor lingkungan.
Bagi sebagian orang, bau-bauan menyengat yang ditimbulkan oleh parfum atau hal lain juga dapat menimbulkan migrain. Dan yang paling umum, seseorang sering terkena migraine disebabkan oleh kondisi yang menimpa seseorang. Suasana hati yang sedang kacau dapat memicu tubuh mengeluarkan hormone tertentu yang dapat menyebabkan migrain.

3.  Menstruasi
Siklus menstruasi yang terjadi setiap bulan pada wanita juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab migrain dikarenakan turunnya kadar hormon estrogen. Perempuan memang lebih rawan untuk mengalami migrain begitu juga ketika menjelang masa-masa menopause.

4. Stres
Stress merupakan sebuah kondisi yang tidak nyaman, mempengaruhi suasana hati dan rasa emosional yang berlebihan sehingga terkadang juga membuat kondisi tekanan darah menjadi tidak stabil. Tentunya hal ini dapat berpengaruh di kepala dan mengakibatkan sakit kepala sebelah atau migrain. Cobalah untuk mengatasinya dengan relaks dan lebih religius agar tidak terjadi stres dan berbagai macam dampaknya.

5. Perhatikan kadar gula dalam darah anda
Penurunan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan migraine karena mengarah kepada kadar glukosa yang dilepaskan ke dalam aliran darah. 

6. Menghindari konsumsi kafein yang berlebih juga dapat mengurangi resiko migrain. Terlalu banyak kafein dapat membuat pembuluh darah di sekitar otak menjadi sangat terbatas, sehingga dapat menimbulkan migrain.

7. Minum air putih
Air putih berguna untuk mengatasi dehidrasi. Pada kondisi dehihdrasi terkadang kepala juga dapat merasa pusing akibat berkurangnya mineral didalam tubuh.

8. Vitamin
Tubuh yang kekurangan vitamin juga dapat mengakibatkan migrain, sehingga anda perlu untuk mengkonsumsi asupan vitamin dalam jumlah cukup

9. Makan makanan kaya magnesium
Kekurangan magnesium juga bisa mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke otak serta berkurangnya kadar gula darah, yang keduanya dapat menyebabkan migrain. Makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, tomat,  biji-bijian, kentang, gandum, oat, kacang polong adalah  makanan yang banyak mengandung magnesium.
 
Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab migraine tersebut, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah migrain, salah satunya adalah menghindari faktor penyebabnya. Selain beberapa hal mengenai faktor penyebab migrain yang telah dijelaskan di atas, anda juga disarankan untuk membuat catatan pribadi tentang penyakit migrain anda.  
Cara-cara tersebut dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab penyakit migrain pada anda, sehingga pencegahannya bisa dilakukan dengan tepat.

9 Tips Sederhana Mencegah Migrain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natania Gunawan