7 Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap & Tidak Mudah Patah

Cara merawat kuku ~ Kuku merupakan salah satu bagian tubuh berbentuk halus yang tumbuh dari tulang pada bagian ujung jari. Kegunaan kuku adalah untuk mempercantik jari-jemari serta memperkuat daya sentuh. Kuku juga harus dijaga kebersihannya agar tidak menjadi perantara kuman dan berbagai penyakit.


Sebagai bagian terkeras dari tubuh yang mengandung sedikit air, kuku juga berperan penting untuk melindungi ujung jari dan urat syaraf. Pada bagian bawah kuku juga terdapat banyak pembuluh darah kapiler sebagai supplier darah sehingga dapat terlihat warna kemerahan.

Baca juga : cara menghaluskan kulit wajah kasar

Agar mempunyai kuku yang indah dan sehat, tentunya diperlukan perawatan yang konsisten dan selalu diperhatikan kebersihannya. Kuku yang tak terawat dengan baik dapat menimbulkan beberapa masalah diantaranya :
  • Cantengan atau paronychia
  • Abses
  • Mudah patah
  • Menjadi sarang kuman

Berikut ini merupakan tips dan bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kuku :

1. Lindungi kuku dari detergent atau bahan kimia berbahaya
Terkadang, tanpa disadari ketika mencuci piring atau pakaian tiba-tiba kuku patah. Untuk mengantisipasi, maka pergunakan sarung tangan agar resiko tersebut dapat diminimalisir.

2. Hilangkan kebiasaan menggigit kuku
Ini juga salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihindari agar tidak merusak kuku.

3. Rutin memotong kuku sebulan sekali

Dengan rajin memotong kuku, maka kebersihan kuku dapat senantiasa terjaga dan terjadi regenerasi sel.

4. Jangan potong kutikula (kulit pelindung kuku)

Pada saat memotong kuku, usahakan untuk tidak memotong lapisan kulit berwarna putih yang ada di sekitar kuku. Hal ini biasanya dianggap sepele, tetapi sebaiknya harus dihindarkan agar kuku nampak lebih indah.

5. Gunakan Bawang putih
Bawang putih berkhasiat untuk menguatkan kuku agar tidak mudah patah. Cara penggunaannya yaitu dengan memarut bawang putih kemudian dioleskan pada kuku seperti halnya menggunakan masker. Diamkan beberapa saat agar nutrisi yang terkadung didalam bawang putih dapat terserap sempurna kedalam kuku.

6. Lidah buaya untuk menguatkan kuku
Tak hanya bermanfaat untuk mewujudkan rambut indah, lidah buaya juga berguna untuk memberikan nutrisi dan keindahan pada kuku. Cara pengguanaan cukup potong lidah buaya kemudian oleskan lendir dari tumbuhan tersebut secara merata pada kuku. 

7. Campuran minyak zaitun, madu dan telur untuk mengkilapkan kuku
Ramuan ini berguna untuk memberikan kelembaban pada kuku dan memberikan efek kelembutan. 

Nah, dengan mempunyai kuku yang indah, pasti anda akan merasa semakin percaya diri. Terapkan cara diatas untuk mendapatkan kuku yang indah dan tidak mudah patah. Demikian tips mudah cara merawat keindahan kuku, semoga bermanfaat.
 

7 Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap & Tidak Mudah Patah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natania Gunawan