6 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Cara mengatasi bau mulut~ bau mulut merupakan sebauh keadaan yang tidak nyaman karena mulut mengeluarkan aroma tidak sedap yang dapat membuat lawan bicara menjadi enggan untuk berkomunikasi dengan si penderita. Tak jarang orang yang mulutnya bau dikucilkan dari pergaulan dan tidak ada yang betah untuk berlama-lama dengannya. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kerugian yang harus segera untuk dicari solusinya.
Penyebab bau mulut ada beberapa faktor yang perlu diketahui terlebih dahulu agar diperoleh pengetahuan dan cara tepat untuk mengatsinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap.

1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga
Mulut merupakan area sarang kuman dari sisa makanan yang terkadang menempel pada gusi dan bagian bawah lidah. Oleh karenanya, kebersihan mulut perlu dijaga, terutama pada perawatan gigi. Gigi yang berlubang juga dapat menjadi pemicu timbulnya bau mulut karena kuman bersarang di tempat tersebut. Sikat gigi secara secara rutin minimal 2 kali sehari adalah solusi tepat dalam hal menjaga kebersihan mulut. Jangan lupa untuk berkumur menggunakan mouthwash sehabis menggosok gigi agar bersih secara maksimal.

2. Kebiasaan merokok
Sudah tentu orang yang memiliki kebiasaan merokok akan menyebabkan bau mulut karena nikotin dan asap yang ditimbulkan dari rokok akan memenuhi rongga mulut. Hindari kebiasaan ini agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan termasuk bau pada mulut.

3. Adanya Sariawan
Pada orang yang sedang mengalami sariawan, disamping rasa sakit yang dirasakan juga mengakibatkan bau mulut akibat adanya infeksi pada bibir maupun gusi. Sariawan juga terjadi akibat kuman yang menjadi sumber penyebabnya.

4. Makan-makanan berbau tak sedap
Mulut yang berbau terkadang juga dipicu oleh faktor makanan yang dikonsumsi. Sebagai contohnya yaitu jengkol yang bagi kebanyakan orang tidak tahan dengan baunya.

5. Kelainan pada organ dalam
Seseorang yang sedang sakit, seringkali mengeluarkan bau mulut, hal ini dikarenakan adanya gangguan pada metabolisme tubuh.

Setelah mengetahui hal yang menjadi penyebab bau mulut, maka sekarang adalah membahas bagaimana cara untuk mengatasinya. Beberapa bentuk penanganan di bawah ini mungkin tidak semuanya dapat dilakukan dengan segera, tetapi setidaknya anda perlu berusaha dengan keras disertai dengan niatan agar tubuh sehat serta terhindar dari bau mulut :

1. Jauhi Rokok Sekarang Juga
Rokok sebagai salah satu sumber perusak kesehatan sudah selayaknya untuk anda jauhi karena terlalu banyak kerugian daripada keuntungannya. Dengan menghindari kebiasaan ini, setidaknya mulut tidak akan berbau dan rasa percaya diri anda akan meningkat.

2. Jangan sering makan junk food dan berbau tak sedap
Junk food dan makanan instan juga menjadi pemicu bau mulut karena kandungan bahan kimianya sulit untuk terurai dengan baik dalam tubuh sehingga menimbulkan efek bau dikarenakan kontradiktif dengan enzim-enzim pencernaan. Dalam jangka panjang, makanan jenis ini akan merusak bagian tubuh terutama ginjal dan liver. Jadi mulai sekarang anda harus waspada terhadap kedua jenis makanan tersebut.

3. Rajin menggosok gigi
Menggosok gigi merupakan sebuah kebiasaan wajib yang sudah ditanamkan sejak kecil. Tak ada alasan bagi anda untuk tidak menggosok gigi secara teratur, semuanya demi kesehatan anda.

4. Pebanyak makan buah dan sayuran berserat

Buah dan sayuran berserat mempunyai banyak manfaat, tak hanya membuat badan jadi sehat, tetapi juga dapat mengurangi kadar gas dan asam di dalam lambung yang menjadi salah satu sumber mulut berbau.

5. Rajin berkumur

Berkumur dengan mouthwash atau dengan bahan tradisional seperti daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut. Seperti halnya orang tua jaman dahulu rajin mengunyah sirih disamping memberikan dampak kuatnya gigi mereka, juga dapat menghindari bau mulut.

6. Periksakan ke dokter
Bau mulut yang disebabkan gangguan pada organ tubuh atau sakit pada seseorang wajib untuk diperiksakan ke dokter untuk diuji laboratorium sehingga dapat diketahui pasti mengenai keluhan yang dirasakan dan diberi penanganan secara tepat.

Persoalan mengenai bau mulut sudah dibahas tuntas pada artikel ini dan semoga memberikan manfaat bagi anda pembaca sekalian.

6 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natania Gunawan