3 Cara Menghitamkan Rambut Berbahan Alami

Cara menghitamkan rambut menggunakan bahan alami tidaklah mustahil dilakukan, karena pada dasarnya banyak tanaman yang telah disediakan oleh alam sekitar untuk memberikan solusi terhadap pengobatan atau terapi herbal, tak terkecuali dengan anda yang mendambakan rambut hitam berkilau.

Salah satu alasan memiliki rambut hitam berkilau adalah agar terlihat lebih muda dan percaya diri kian meningkat. Tak sedikit orang yang berupaya untuk menutupi rambut putihnya agar tidak dikatakan sudah tua. Adapun cara untuk menghitamkan rambut secara alami biasanya menggunakan bahan-bahan yang juga berfungsi ganda yaitu untuk mengatasi kerontokan rambut, menghilangkan ketombe bahkan juga berguna untuk menguatkan akar rambut agar tidak mudah patah. 

Sebelum membahas mengenai bahan alami untuk menghitamkan rambut, terlebih dahulu kita lihat hal-hal apa sajakah yang dapat menyebabkan rambut mengalami perubahan warna diantaranya : 

1. Ketidakcocokan terhadap minyak rambut atau shampo. 
2. faktor stress 
3. terkena paparan sinar matahari terlalu sering 
4. Faktor hormonal dan genetik 
5. Adanya kelainan pada organ tubuh akibat penyakit tertentu 
6. Akibat penggunaan air yang tidak bersih 

Biasanya akibat dari faktor tersebut akan menimbulkan gejala rusaknya rambut dengan ciri-ciri rambut mejadi kusut, mudah rontok serta berubah warna menjadi kemerahan sehingga kemilau warna hitamnya menjadi pudar. 

Apabila anda mengalami kondisi tersebut, maka tak perlu khawatir karena ada banyak alternatif solusi untuk mengatasinya. Kalau perlu jangan sampai mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk mendapatkan kembali keindahan rambut yang anda inginkan. 

Berikut adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut :

1. Kemiri 
Kemiri telah dikenal sejak jaman dahulu sebagai ramuan untuk menghitamkan rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus kemiri yang sebelumnya telah direbus atau disangrai terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan minyak kemiri asli yang banyak mengandung vitamin untuk kesuburan rambut. Untuk memisahkan ampas dan minyaknya dapat anda gunakan saringan halus. Gunakan minyak kemiri tersebut dengan cara dioleskan pda rambut secara merata. Diamkan kurang lebih selama 20 menit hingga benar-benar meresap. Setelah itu cuci bersih rambut dengan shampo yang tidak mengandung bahan detergen. 

2. Urang-aring 
Sama halnya dengan kemiri, tumbuhan urang-aring merupakan salah satu jenis yang banyak digunakan oleh produsen shampo untuk menghitamkan dan melebatkan rambut. Walaupun keberadaannya tidak mudah dijumpai, namun anda dapat mncarinya di pasar tradisional. Untuk pemakaiannya tambahkan air pada tumbukan yang telah halus. Gunakan dengan cara dioles dan dipijat pada kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar meresap di kulit kepala. Hal ini juga bertujuan untuk memperkuat akar rambut. Setelah itu cuci bersih dengan shampo. 

3. Daun kembang sepatu 
Cara ini dikenal pada metode herbal tiongkok yaitu menggunakan daun kembang sepatu untuk menghitamkan rambut. Cara pemakaian sangat mudah yaitu dengan meremas kurang lebih 10 helai daun sepatu hingga keluar lendirnya. Lalu usapkan pada kulit kepala secara merata, diamkan hingga mengering. Lakukan hal tersebut secara rutin selama seminggu sekali agar kemilau rambut hitam anda semakin nampak bersinar. 

Beberapa cara untuk menghitamkan rambut dengan bahan alami diatas dapat anda aplikasikan salah satunya. Sesuaikan dengan keberadaan bahan yang mudah didapat di sekitar anda. Hasil optimal akan anda peroleh apabila dipraktekkan secara rutin dan teratur.

3 Cara Menghitamkan Rambut Berbahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natania Gunawan