8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cara mengatasi bibir kering ~ Bibir merupakan salah satu penunjang dari penampilan yang perlu untuk diperhatikan kesehatannya. Dengan mempunyai bibir yang indah dan merona adalah sebuah kebanggan tersendiri dari seorang wanita. Namun harapan tersebut kadang menjadi sebuah petaka tatkala mengalami bibir pecah-pecah. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Oleh sebab itu, jika anda saat ini sedang mengalami masalah tersebut, ada baiknya untuk mencari solusi mengenai cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.


Sebelum mengetahui tentang cara mengatasi bibir pecah-pecah, maka terlebih dahulu mempelajari mengenai bagaimana hal itu dapat terjadi sebagai upaya pencegahan atau antisipasi di kemudian hari agar tidak terulang kembali.

Bibir merupakan area sensitif yang memang mudah sekali untuk kering karena tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh sebab itu kelembaban di area ini perlu untuk diperhatikan. Beberapa faktor yang dapat mengurangi kelembaban bibir adalah akibat cuaca panas dan terik dari sinar matahari, kebiasaan membasahi bibir dengan ludah serta kondisi udara yang terlalu kering juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Namun anda tak perlu khawatir, karena semua permasalahan pasti ada solusinya. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yaitu :

1. Jaga Kecukupan asupan nutrisi tubuh
Kondisi bibir kering dan pecah-pecah salah satunya disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B, serta asam lemak essensial. Agar hal ini dapat dicegah, maka anda harus rajin untuk mengkonsumsi sayuran yang memiliki kadar vitamin B dan zat besi yang cukup seperti halnya bayam dan sawi. Jangan lupa untuk menambahkan asupan suplemen vitamin C yang tersedia di apotik.

2. Jaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keadaan bibir kering. Untuk mengatasinya cukup minum air putih. Sesuaikan takarannya dengan bobot aktivitas yang anda lakukan dan jangan berlebihan karena terlalu banyak minum air putih juga dapat membuat perut kembung.

3. Jangan biasakan untuk menggigit bibir
Kebiasaan menggigit bibir merupakan satu hal yang tidak baik karena dapat merusak lapisan luar dari kulit pelindung bibir. Tak jarang kebiasaan ini mengakibatkan bibir menjadi berdarah dan menyebabkan luka traumatik pada bibir.

4. Gunakan Madu untuk mengatasi bibir kering
Penggunaan madu untuk mengatasi bibir kering sangatlah mudah, hanya perlu dioleskan saja pada permukaannya. Agar hasilnya cepat dirasakan, cobalah untuk rutin mengoleskan madu sehari 3x pada bibir anda.

5. Oleskan Lip Balm sebagai alternatif
Lip balm berfungsi sebagai pelembab untuk mencegah bibir menjadi kering.

6. Selektif memilih lipstik
Lipstik terkadang juga menyebabkan kondisi yang tidak baik pada bibir, terkadang ada lipstik yang mengandung bahan berbahaya seperti halnya mercury maupun fluoresence yang dapat mengakibatkan bibir terasa gatal apabila dipakai. Kosmetik jenis ini terkadang tak memiliki ijin resmi dari pemerintah sehingga anda harus berhati-hati dalam membeli. Periksalah keabsahan dari produk tersebut agar tidak merusak keindahan bibir anda.

7. Hindari gorengan
Gorengan dan makanan pedas memiliki sifat panas yang dapat memperburuk kondisi kering pada bibir anda. Jauhi kedua jenis makanan tersebut apabila anda berharap mempunyai tubuh ataupun bibir yang sehat.

8. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar
Nutrisi dan mineral yang ada pada sayur dan buah-buahan berguna untuk mengatasi penyakit yang dialami, termasuk juga untuk mengatasi bibir kering.

Cara-cara tersebut diatas merupakan solusi jitu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Dengan memiliki bibir yang indah, merah merona, maka akan semakin mempercantik penampilan serta menambah rasa percaya diri tentunya.

8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natania Gunawan